Foto Cristiano Ronaldo 2012 | Kumpulan Gambar Cristiano Ronaldo Terbaru ~ Klai ini nano pertapan akan sedikit melihatkan koleksi foto gambar Cristiano Ronaldo Real Madrid 2012 terbaru khusus buat sobat penggemar atau fans berat Cristiano Ronaldo. Foto Cristiano Ronaldo ini sengaja saya update buat sobat download yang bisa tampilan wallpaper ataupun screensaver handphone maupun laptop bahkan komputer sekalipun. Untuk selengkapnya bisa sobat lihat langsung dibawah ini.
Demikianlah koleksi dari saya tentang "Foto Cristiano Ronaldo 2012" yang semoga bisa berguna dan bermanfaat buat sobat setia. Sekian dari saya ucpakan terima kasih atas waktunya setelah shering ke postingan yang telah saya publikasikan pada kesempatan ini.
Jumat, 20 Januari 2012
Makalah Pendidikan Islam di Indonesia
Makalah Pendidikan Islam di Indonesia | Contoh Cara Membuat Makalah ~ Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi sebuah artikel tentang bagaimana cara membuat makalah pendidikan islam terbaru 2012 di blog ini. Untuk anda para pencari contoh makalah, kali ini pas banget jika anda sharing ke postingan ini, karena saya telah mengupdatenya khusus untuk anda pengunjung setia blog saya ini.
Demikianlah artikel dari saya tentang "Makalah Pendidikan Islam di Indonesia" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda, dan anda juga bisa baca lagi Contoh Membuat Makalah Pendidikan dalam postingan sebelumnya. Sekian dan terima kasih.
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan faktor penting yang mempunyai andil besar dalam memajukan suatu bangsa, bahkan peradaban manusia. Tujuan pendidikan itu merupakan tujuan dari negara itu sendiri. Pendidikan yang rendah dan berkualitas akan terus mengundang para penjajah, baik penjajahan secara fisik maupun non fisik, seperti penjajahan intelektual, pemikiran, ekonomi, sosial, politik dan agama. Hal ini senada dengan ungkapan “kebodohan bukanlah karena penjajahan tetapi kebodohanlah yang mengundang penjajah”.
Bangsa Indonesia merdeka setelah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ialah terbebasnya suatu bangsa dari belenggu penjajahan. Bangsa yang sudah merdeka dapat leluasa mengatur laju bangsa dan pemerintahan untuk mencapai tujuannya. Benarkah demikian?
Kemerdekaan tidak sepenuhnya menyelesaikan berbagai persoalan negara. Kemerdekaan politik sesudah masa penjajahan oleh pemerintah Jepang dan Belanda itu lebih mudah dicapai dibandingkan dengan rekonstruksi kultural masyarakat dan renovasi system pendidikan kita, khususnya pendidikan Islam.
Mengamati perjalanan sejarah pendidikan Islam pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sungguh menarik dan memiliki proses yang amat panjang. Belanda yang menduduki Indonesia selama 3 ½ abad dan Jepang selama 3 1/ 2 tahun meninggalkan kesengsaraan, mental dan kondisi psikologis yang lemah. Dengan misi gold, glory dan gospelnya mereka mempengaruhi pemikiran dan iedeologi dengan doktrin-doktrin Barat. Akan tetapi kita sepatutnya bangga dengan perjuangan para tokoh Muslim pada masa itu yang berupaya sekuat tenaga untuk mengajarkan Islam dengan cara mendirikan lembaga – lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, pesantren, majlis taklim dan sebagainya. Dari lembaga inilah kemudian lahir tokoh-tokoh muslim yang berperan besar dalam mewujudkan kemerdekaan dan membela risalah Islam. Materi yang dipelajari menggunakan referensi dan kitab-kitab kuning berbahasa Arab seperti safinah, Bulughul Marom, dan sebagainya selain itu ilmu jiwa, ilmu hitung pun dipelajari. Pada saat itu disamping menuntut ilmu mereka harus berjuang melawan penjajah.
Itulah sekilas tentang pendidikan Islam pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Setelah merdeka, bangsa Indonesia merasa mampu menghirup angin segar di negerinya sendiri karena telah terlepas dari penjajahan. Akan tetapi, sikap, watak dan mental bangsa yang terjajah akan menjadi kendala tersendiri bagi perkembangan negara, khususnya pendidikan Islam di Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PADA MASA REFORMASI
Pendidikan Islam Pada Masa Reformasi
Program peningkatan mutu pendidikan yang ditargetkan oleh pemerintah Orde Baru akan mulai berlangsung pada Pelita VII terpaksa gagal, krisis ekonomi yang berlangsung sejak medio Juli 1997 telah mengubah konstelasi politik maupun ekonomi nasional. Secara politik, Orde Baru berakhir dan digantikan oleh rezim yang menamakan diri sebagai “Reformasi Pembangunan” meskipun demikian sebagian besar roh Orde Reformasi masih tetap berasal dari rezim Orde Baru, tapi ada sedikit perubahan, berupa adanya kebebasan pers dan multi partai.
Dalam bidang pendidikan kabinet reformasi hanya melanjutkan program wajib belajar 9 tahun yang sudah dimulai sejak tahun 1994 serta melakukan perbaikan sistem pendidikan agar lebih demokratis. Tugas jangka pendek Kabinet Reformasi yang paling pokok adalah bagaimana menjaga agar tingkat partisipasi pendidikan masyarakat tetap tinggi dan tidak banyak yang mengalami putus sekolah.
Dalam bidang ekonomi, terjadi krisis yang berkepanjangan, beban pemerintah menjadi sangat berat. Sehingga terpaksa harus memangkas program termasuk didalamnya program penyetaraan guru-guru dan mentolerir terjadinya kemunduran penyelesaian program wajib belajar 9 tahun. Sekolah sendiri mengalami masalah berat sehubungan dengan naiknya biaya operasional di suatu pihak dan makin menurunnya jumlah masukan dari siswa. Pembangunan di bidang pendidikan pun mengalami kemunduran. Beberapa hal yang menyebabkan program pembangunan pemerintah dalam sektor pendidikan terpenuhi secara maksimal.
1. Distribusi pembangunan sektor pendidikan kurang menyentuh lapisan sosial kelas bawah.
2. Kecenderungan yang kuat pada wilayah pembangunan yang bersifat fisik material, sedangkan masalah-masalah kognitif spiritual belum mendapatkan pos yang strategis.
3. Munculnya sektor industri yang membengkak, cukup menjadikan agenda yang serius bagi pendidikan Islam di Indonesia pada masa pembangunan ini.
4. Perubahan-perubahan sosial yang berjalan tidak berurutan secara tertib, bahkan terkadang eksklusif dalam dialektik pembangunan sebagaimana tersebut di atas.
Semua hal diatas adalah faktor penyebab dari tidak terpenuhinya beberapa maksud pemerintah dalam menjalankan pembangunan dalam sektor pendidikan agama khususnya bagi Islam. Semua itu sangat memprihatinkan apalagi jika dibiarkan begitu saja tanpa upaya retrospeksi atas kegagalan tersebut.
Yang harus disadari adalah lembaga pendidikan Islam adalah lembaga pendidikan Islam memiliki potensi yang sangat besar bagi jalannya pembagunan di negeri ini terlepas dari berbagai anggapan tentang pendidikan yang ada sekarang, harus diingat bahwa pendidikan Islam di Indonesia telah banyak melahirkan putera puteri bangsa yang berkualitas.
HM. Yusuf Hasyim mengungkapkan betapa besarnya pendidikan Islam di Indonesia hanya dengan menunjukkan salah satu sampelnya yaitu pesantren. sebagai lembaga pendidikan Islam pesantren dan madrasah-madrasah bertanggungjawab terhadap proses pencerdasan bangsa secara keseluruhan. Sedangkan secara khusus pendidikan Islam bertanggungjawab terhadap kelangsungan tradisi keislaman dalam arti yang seluas-luasnya. Dari titik pandang ini pendidikan Islam, baik secara kelembagaan maupun inspiratif, memilih model yang dirasakan mendukung secara penuh tujuan dan hakikat pendidikan manusia itu sendiri, yaitu membentuk manusia mukmin yang sejati, mempunyai kualitas moral dan intelektual.
Selama ini banyak dijumpai pesantren-pesantren yang tersebar dipelosok tanah air, terlalu kuat mempertahankan model tradisi yang dirasakan klasik, sebagai awal dari system pendidikan itu sendiri. Tapi, pada saat ini sudah banyak pesantren dan madrasah yang modern dengan mengacu kepada tujuan muslim dan memperhatikan tujuan makro dan mikro pendidikan nasional Indonesia, maka penndidikan pesantren akan memadukan produk santri untuk memiliki outputnya (lulusan) agar memiliki 3 tipe lulusan yang terdiri dari:
a. Religius skillfull people yaitu insan muslim yang akan menjadi tenaga-tenaga terampil, ikhlas, cerdas, mandiri, iman yang tangguh sehingga religius dalam tingkah dan prilaku, yang akan mengisi kehidupan tenaga kerja didalam berbagai sector pembangunan.
b. Religius Community leader, yaitu insane Indonesia yang ikhlas, cerdas dan mandiri akan menjadi penggerak yang dinamis dalam transformasi sosial dan budaya dan mampu melakukan pengendalian sosial (sosial control)
c. Religius intelektual, yaitu mempunyai integritas kukuh serta cakap melakukan analisa ilmiah dan concern terhadap masalah-masalah ilmiah.
Pendidikan Islam Masa Depan
Prospek pendidikan Islam pada masa mendatang, harus pula dikaji dan diteropong melalui lensa realitas pendidikan islam di Indonesia yang ada pada hari ini. Melihat kendala yang dihadapi oleh pendidikan nasional, minimal telah terpantul sinar yang juga menggambarkan tentang kondisi pendidikan Islam di Indonesia pada masa kini. Adapun kendala tersebut berupa:
a. Kurikulum yang belum mantap, terlihat dari beragamnya jumlah presentasi untuk pelajaran umum dan agama pada berbagai sekolah yang berlogo Islam.
b. Kurang berkualitasnya guru, yang dimaksud disini adalah kurang kesadaran professional, kurang inofatif, kurang berperan dalam pengembangan pendidikan, kurang terpantau.
c. Belum adanya sentralisasi dan disentralisasi.
d. Dualisme pengelolaan pendidikan yaitu antara Depag dan Depdikbud.
e. Sisa-sisa pendidikan penjajahan yang masih ditiru seperti penjurusan dan pemberian gelar.
f. Kendali yang terlalu ketat pada pendidikan tinggi.
g. Minimnya persamaan hak dengan pendidikan umum
h. Minimnya peminat sekolah agama karena dipandang prospeknya tidak jelas.
Beberapa strategi yang perlu dicanangkan untuk memprediksi pendidikan Islam masa depan adalah sebagai berikut.
1. Strategi sosial politik
Menekankan diperlukannya merinci butir-butir pokok formalisasi ajaran Islam di lembaga-lembaga negara melalui upaya legal formalitas yang terus menerus oleh gerakan Islam terutama melalui sebuah partai secara eklusif khusus bagi umat Islam termasuk kontrol terhadap aparatur pemerintah. Umat Islam sendiri harus mendidik dengan moralitas Islam yang benar dan menjalankan kehidupan islami baik secara individu maupun masyarakat.
2. Strategi Kultural
Dirancang untuk kematangan kepribadian kaum muslimin dengan memperluas cakrawala pemikiran, cakupan komitmen dan kesadaran mereka tentang kompleksnya lingkungan manusia.
3. Strategi Sosio cultural
Diperlukan upaya untuk mengembangkan kerangka kemasyarakatan yang menggunakan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam.
Tujuan Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Jenjang Pendidikan
a. Tujuan untuk jenjang pendidikan MI /SD dan MTS / SLTP meliputi;
1. Tumbuhnya keimanan dan ketaqwaan dengan mulai belajar Al-Qur’an dan praktek-praktek ibadah secara verbalistik dalam rangka pembiasaan dan upaya penerapannya.
2. Tumbuhnya sikap beretika melalui keteladanan dan penanaman motifasi.
3. Tumbuhnya penalaran (mau belajar, ingin tahu senang membaca, memiliki inofasi, dan berinisiatif dan bertanggung jawab).
4. Tumbuhnya kemampun berkomunikasi sosial.
5. Tumbuh kesadaran untuk menjaga kesehatan.
b. Tujuan pendidikan pada jenjang MA/SLTA meliputi:
1. Tumbuhnya keimanaan dan ketaqwaan dengan memiliki kemampuan baca tulis Al-qur’an dan praktek-praktek ibadah dengan kesadaran dan keikhasan sendiri.
2. Memiliki etika.
3. Memiliki penalaran yang baik.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi sosial.
5. Dapat mengurus dirinya sendiri.
Tujuan Pendidikan Tingkat Tinggi didalam penguasaan ilmu pendidikan dan kehidupan praktek ibadahnya bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi telah memiliki kemampuan untuk menyebarkan kepada masyarakat dan menjadi teladan bagi mereka
Demikianlah artikel dari saya tentang "Makalah Pendidikan Islam di Indonesia" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda, dan anda juga bisa baca lagi Contoh Membuat Makalah Pendidikan dalam postingan sebelumnya. Sekian dan terima kasih.
Contoh Makalah Pendidikan | Cara Membuat Makalah
Contoh Makalah Pendidikan | Cara Membuat Makalah ~ Kali ini nano pertapan berbagi informasi tentang cara atau contoh membuat makalah pendidikan terbaru 2012 untuk sobat pengunjung setia blog saya ini. Artikel ini sengaja saya update untuk memenuhi permintaan sobat yang suka cari cari info tentang bagaimana cara membuat makalah tentang pendidikan.
Baik itu makalan hukum, makalah bisnis, ataupun makalah kebidanan. Akan tetapi, dibawah ini hanyalah contoh makalah yang menunjukkan bagian-bagian atau kerangka makalah dalam pembuatan makalah. Berikut ini bisa sobat baca dan simak dengan baik Contoh Makalah Pendidikan dibawah ini.
Semoga "Contoh Makalah Pendidikan | Cara Membuat Makalah" bisa berguna dan bermanfaat buat sobat pembaca. Sekian dari saya ucapkan terima kasih banyak telah menyimak dengan baik artikel yang telah saya publikasikan pada kesempatan ini.
Baik itu makalan hukum, makalah bisnis, ataupun makalah kebidanan. Akan tetapi, dibawah ini hanyalah contoh makalah yang menunjukkan bagian-bagian atau kerangka makalah dalam pembuatan makalah. Berikut ini bisa sobat baca dan simak dengan baik Contoh Makalah Pendidikan dibawah ini.
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH.
D. PERUMUSAN MASALAH.
BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN
Daftar Pustaka.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
Perpustakaan merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan
Semoga "Contoh Makalah Pendidikan | Cara Membuat Makalah" bisa berguna dan bermanfaat buat sobat pembaca. Sekian dari saya ucapkan terima kasih banyak telah menyimak dengan baik artikel yang telah saya publikasikan pada kesempatan ini.
Rabu, 18 Januari 2012
Lowongan Kerja Surabaya Februari 2012
Lowongan Kerja Surabaya Februari 2012 | Lowongan Kerja Februari 2012 - Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, karir kerja, loker terbaru, bursa lowongan, job vacancy terbaru untuk bulan februari tahun 2012. Untuk artikel selengkapnya tentang lowongan kerja ini, bisa langsung anda baca dan simak dengan baik dibawah ini.
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Surabaya Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Nama Perusahaan | : | PT. Victory |
Deskripsi | : | Perusahaan Standarisasi Bergerak Dibidang Keuangan Alamat : JL. Hayam Wuruk NO.6 Surabaya 60242 Surabaya Town Square, Mezzanine Level M 09-011 No. Telp. : (031) 5633693 |
Lowongan untuk | : | 1. CRO 2. Manager 3. Asst. Manager 4. Financial Consultant 5. Receptionist |
Lokasi Kerja di | : | Surabaya |
Persyaratan | : | 1. CRO
2. Manager
3. Asst. Manager
4. Financial Consultant
5. Receptionist
|
Alamat Surat, dsb | : | Kirimkan lamaran dan CV lengkap via POS ke : HRD PT. Victory International Futues Jl. Hayam Wuruk NO.6 Surabaya 60242 Surabaya Town Square, Mezzanine Level M 09-011 Up/ Bpk. Hendra |
Cantumkan dalam surat lamaran, anda mengetahui informasi lowongan ini tanggal berapa dan dari mana (dari website apa atau koran apa atau yang lainnya). | ||
Tgl. Penutupan | : | 4 Mar 2012 |
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Surabaya Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012
Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012 | Lowongan Kerja Februari 2012 ~ Lowongan Kerja Jakarta Februari 2012 + Lowongan Kerja Bogor Februari 2012 - Lowongan Kerja Depok Februari 2012 | Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012 + Lowongan Kerja Bekasi Februari 2012. Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, karir kerja, loker terbaru, bursa lowongan, job vacancy terbaru untuk bulan februari tahun 2012. Untuk artikel selengkapnya tentang lowongan kerja ini, bisa langsung anda baca dan simak dengan baik dibawah ini.
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu LOWONGAN KERJA FEBRUARI 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Nama Perusahaan | : | PT Astra Otoparts Tbk |
Deskripsi | : | PT Astra Otoparts Tbk. merupakan perusahaan komponen otomotif terbesar di Indonesia dengan 30 anak perusahaan yang bergerak di bidang industri manufacturing dan trading komponen otomotif dengan pasar domestik dan internasional. Alamat : Jl. Pegangsaan Dua Km. 2,2 Kelapa Gading Jakarta Utara No. Telp. : 021-29981162 |
Lowongan untuk | : | 1. Engineering Staff / Supervisor(ES) 2. Accounting Supervisor(AS) 3. Marketing/Sales Supervisor (MSS) 4. Financial Analyst (FA) 5. Accounting Staff (AST) 6. Salesman (SM) 7. Mekanik (MK) |
Lokasi Kerja di | : | Jabotabek |
Persyaratan | : | 1. Engineering Staff / Supervisor (ES)
2. Accounting Supervisor (AS)
3. Marketing/Sales Supervisor (MSS)
4. Financial Analyst (FA)
5. Accounting Staff (AST)
6. Salesman (SM)
7. Mekanik (MK)
|
Alamat Surat, dsb | : | Kirimkan lamaran dan CV lengkap via email ke: recruitment@component.astra.co.id (cantumkan nama dan kode posisi di Subjet email) Atau via website ke : http://www.component.astra.co.id/career/ |
Cantumkan dalam surat lamaran, anda mengetahui informasi lowongan ini tanggal berapa dan dari mana (dari website apa atau koran apa atau yang lainnya). | ||
Tgl. Penutupan | : | 4 Mar 2012 |
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Jabodetabek Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu LOWONGAN KERJA FEBRUARI 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
LOWONGAN KERJA DEPOK FEBRUARI 2012
LOWONGAN KERJA DEPOK FEBRUARI 2012 | Lowongan Kerja Februari 2012 ~ Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, karir kerja, loker terbaru, bursa lowongan, job vacancy terbaru untuk bulan februari tahun 2012. Untuk artikel selengkapnya tentang lowongan kerja ini, bisa langsung anda baca dan simak dengan baik dibawah ini.
Demikianlah artikel dari saya tentang "LOWONGAN KERJA DEPOK FEBRUARI 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Nama Perusahaan | : | PT. Rynest International |
Deskripsi | : | Bimbelkoe.com, merupakan sebuah grup usaha di bawah naungan PT. Rynest International yang bergerak di bidang pendidikan mengundang profesional muda untuk bersama menggerakkan roda pendidkan dengan memberikan kesempatan mengembangkan karir. Jika anda adalah individu yang antusias, berinisiatif tinggi dengan kemampuan kerja sama yang baik, serta menyukai dunia pendidikan, anda memiliki kesempatan untuk memaksimalkan potensi anda dengan bergabung bersama kami Alamat :Graha RCG Komplek Ruko Mutiara no.12 Jl. Tole Iskandar no. 66 Depok 16412 - Indonesia |
Lowongan untuk | : | Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pengajar Matematika, Fisika, Biologi, Kimia Pengajar Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi Pengajar Bahasa Inggris dan Pengajar Bahasa Indonesia |
Lokasi Kerja di | : | Depok |
Persyaratan | : |
|
Alamat Surat, dsb | : | kirim CV dan lamaran ke bimbelkoe@yahoo.com CP : Andi ( 085719208204) |
Cantumkan dalam surat lamaran, anda mengetahui informasi lowongan ini tanggal berapa dan dari mana (dari website apa atau koran apa atau yang lainnya). | ||
Tgl. Penutupan | : | 5 Mar 2012 |
Demikianlah artikel dari saya tentang "LOWONGAN KERJA DEPOK FEBRUARI 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012 dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012
Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012 | Lowongan Kerja Februari 2012 ~ Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, karir kerja, loker terbaru, bursa lowongan, job vacancy terbaru untuk bulan februari tahun 2012. Untuk artikel selengkapnya tentang lowongan kerja ini, bisa langsung anda baca dan simak dengan baik dibawah ini.
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Loker Februari 2012 Lampung, Surabaya, Bali dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Nama Perusahaan | : | PT. Mustika Citra Rasa |
Deskripsi | : | PT. Mustika Citra Rasa (Holland Bakery) adalah salah satu retail Bakery & Cake terkemuka dan saat ini Holland Bakery sedang mengembangkan unit baru di wilayah Tangerang dan membutuhkan banyak pegawai untuk wilayah Tangerang. Holland Bakery berkantor pusat di: Karang Bolong Raya No 11 (Head Office) Ancol Jakarta Utara 14430 Phone : 021 - 69830469 |
Lowongan untuk | : |
|
Lokasi Kerja di | : | Tangerang |
Persyaratan | : |
|
Alamat Surat, dsb | : | Kirimkan lamaran dan CV lengkap dan Photo diri Sdr beserta fotocopy ijasah terakhir via POS (Cantumkan Kode Lamaran) ke : HRD PT. Mustika Citra Rasa Jl. Karang Bolong Raya No 11 Ancol - Jakarta Utara Tlp : 021 - 69830469 Atau via email ke : asaba.recruitment@gmail.com |
Cantumkan dalam surat lamaran, anda mengetahui informasi lowongan ini tanggal berapa dan dari mana (dari website apa atau koran apa atau yang lainnya). | ||
Tgl. Penutupan | : | 5 Mar 2012 |
Demikianlah artikel dari saya tentang "Lowongan Kerja Tangerang Februari 2012" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para pembaca, dan anda juga bisa baca lagi artikel menarik lainnya yaitu Loker Februari 2012 Lampung, Surabaya, Bali dalam postingan sebelumnya. Terima kasih.
Langganan:
Postingan (Atom)